Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat pelanggan mengenai dimensi kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa melalui variabel intervening kepuasa mahasiswa Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat. Mengetahui sejauh mana kontribusi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa melalui variabel intervening kepuasan mahasiswa Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat.. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi dan Manajemen kelas Pararel Ganjil dan Genap angkatan tahun 2012 dan 2013 yang masih aktif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi dan Manajemen kelas Pararel Ganjil dan Genap angkatan tahun 2012 dan 2013 yang berjumlah 155 responden. Adapun metode yang digunakan dalam metode pengambilan sampel ini adalah dengan menggunakan metode non probabilitas sampling, metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor sebagai uji validitas yang uji coba kuesioner 30 responden, uji reliabilitas uji coba kuesioner 30 responden, analisa Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan program SPSS 21.0 dan Lisrel 8.51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai signifikansi t-value sebesar 8,63 dan terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa dengan nilai signifikansi t-value sebesar 3,75. Dan terdapat pengaruh yang tidak signifikan pada variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa tanpa variabel intervening dengan nilai signifikansi t-value sebesar -0,14.

KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA MELALUI VARIABEL INTERVENING KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS ESA UNGGUL, JAKARTA BARAT)