Pembelajaran yang diimplementasikan dalam sistem pembelajaran pada program MBKM secara sederhana bertujuan agar mahasiswa nantinya mampu menjadi pribadi dewasa dan mandiri dimasa mendatang. Sistem ini diharapkan mampu menjawab tantangan kebutuhan profesi akuntansi di masa sekarang dan masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang efektifitas sistem pembelajaran dalam program MBKM dalam penguatan karakter mahasiswa akuntansi. Dimana efektif adalah dengna melihat minat mahasiswa yang didorong oleh pengetahuan dan persepsi manfaat yang dirasakan. Desain penelitian ini adalah explanatory causal. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria mahasiswa program studi akuntansi yang aktif pada semester ganjil 2021/2022. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah SEM-PLS. Dari hasil menunjukkan bahwa mahasiswa merasaka pengetahuan mahasiswa akan mendorong persepsi bahwa program MBKM akan meningkatkan kemampuan sesuai dengan CPL dan akan mendorong mereka untuk mengikuti program ini, sehingga sosialisasi dan informasi dari program MBKM di Program Studi Akuntansi FEB UEU dapat dikatakan efektif.

EFEKTIFITAS SISTEM PEMBELAJARAN PADA PROGRAM MERDEKA BELAJAR DALAM PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA AKUNTANSI