Kebutuhan konsumen akan kendaraan meningkat. Ini memicu setiap perusahaan mobil untuk menciptakan identitas merek yang hebat untuk mendapatkan kepercayaan merek dari konsumen. Persepsi merek dari konsumen berpengaruh untuk mendapatkan kepercayaan merek yang berdampak pada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh identitas merek terhadadap loyalitas merek dengan citra merek dan kepercayaan merek sebagai variabel antara. Sampel dalam penelitian ini ada 140 responden yang telah membeli atau menggunakan Nissan, perolehan sampel didapat dari teori Hair et al., (1998) yaitu 5 x jumlah indikator yang ada. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk angka. Merupakan hasil dari perhitungan dan pengukuran. Penelitian ini menggunakan metode SEM dengan memperoleh hasil bahwa pertama identitas merek mempengaruhi citra merek. Kedua, identitas merek dan citra merek mempengaruhi kepercayaan merek. Ketiga, kepercayaan merek dan citra merek mempengaruhi loyalitas merek.

PENGARUH IDENTITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK MELALUI CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK NISSAN