Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas konsumen. Variabel independen terdiri atas komitmen, kepercayaan, financial benefit, dan social benefit, sedangkan variabel dependen adalah loyalitas konsumen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 125 orang responden. Responden penelitian ini adalah seluruh konsumen yang sudah atau sedang berbelanja di Ramayana Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen, kepercayaan, financial benefit, dan social benefit secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu dari hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa hanya variabel social benefit yang tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Dari hasil lain yang dapat diketahui juga adalah bahwa variabel financial benefit berpengaruh secara dominan terhadap loyalitas konsumen di Ramayana Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN RAMAYANA STUDI KASUS RAMAYANA KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN