kesehatan terhadap peningkatan kompetensi perawat dan kepuasan pasien. Subjek penelitian ini adalah perawat dan pasien di ruang perawatan Rumah Sakit Syarif Hidayatullah dimulai bulan November – Desember 2017 Tehnik pengambilan sampel perawat adalah total sampling dan pengambilan sample pasien dengan metode slovin. Variabel pada penelitian ini adalah kompetensi perawat sebagai variabel bebas dan kepuasan pasien sebagai variabel terikat dimana perawat mendapat perlakuan eksperimen pelatihan pendidikan kesehatan. Instrumen penilaian kompetensi perawat dengan metode pre dan post test yang terdiri dari 27 instrumen pertanyaan untuk knowledge, dan 12 pernyataan kompetensi dimensi attitude dan skill (melalui observasi saat simulasi pelatihan). Instrumen penilaian pasien ada 22 kuesioner dengan skala likert. Analisa menggunakan Uji t Dependent, Uji Regresi dan mancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelatihan pendidikan kesehatan berpengaruh significant positif terhadap kompetensi perawat, (2) Kompetensi perawat knowledge dan skill tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, sementara attitude perawat berpengaruh terhadap kepuasan pasien (3) Pelatihan pendidikan kesehatan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, (4) Karakteristik perawat umur, lama bekerja, pendidikan tidak berpengaruh terhadap kompetensi perawat, sedangkan jenis kelamin dan pelatihan berpengaruh terhadap kompetensi perawat.

PENGARUH PELATIHAN PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT SYARIF HIDAYATULLAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *