Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Variabel Eksogem terdiri dari (Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan), Variabel Endogen (Loyalitas Pelanggan), dan Variabel Intervening yaitu (Kepuasan Pelanggan). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 orang responden. Responden penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang ditemui di Wilayah Grogol Jakarta Barat dan pernah berkunjung dan membeli 2 kali dalam sebulan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dan penelitian ini menggunakan teknik analisa Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tidak memiliki pengaruh secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan hal ini membuktikan bahwa variabel intervening atau variabel kepuasan tidak mempengaruhi, sedangkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Dimana pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan memiliki nilai lebih besar yaitu 0,643 dibandingkan pengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan memiliki nilai lebih kecil yaitu 0,217 melalui kepuasan pelanggan hal ini membuktikan bahwa kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA INDUSTRI KULINER (STUDI KASUS PADA PELANGGAN WARUNK UPNORMAL GROGOL, JAKARTA BARAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *