Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan regresi berganda. Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, setelah dilakukan analisis dengan menggunakan regresi berganda antara biaya promosi penjualan dan biaya periklanan terhadap nilai penjualan diperoleh bahwa hasil ini terjadi karena Multi Kolenieritas yaitu Coefficient korelasi antara X1 dan X2 yaitu sebesar 0,955. Oleh karena itu kemudian diperbaiki dengan menggabung X1 dan X2 menjadi X (bauran biaya promosi penjualan dan periklanan), yaitu :Ŷ = (-14017.218) + 155.844 X artinya kedua variabel bauran yaitu biaya promosi penjualan dan biaya periklanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai penjualan. Kesimpulan dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi penjualan dan biaya periklanan terhadap nilai penjualan selama komponen-komponen yang ada didalam promosi penjualan dan periklanan tidak mengalami perubahan.
PENGARUH BIAYA PROMOSI PENJUALAN DAN BIAYA PERIKLANAN TERHADAP NILAI PENJUALAN KOSMETIK MUSTIKA PUTRI PADA PT. MUSTIKA RATU