Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas kesehatan memiliki peran yang strategis dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Peran strategis ini harus berjalan sesuai dengan perkembangan jaman dan untuk mengantisipasi persaingan tingkat dunia. Persaingan antara rumah sakit atau berkembangnya ilmu kedokteran harus diimbangi dengan sistem Administrasi Rumah Sakit yang baik untuk tercapainya tujuan dari pelayan kesehatan yaitu pemerataaan kesehatan dan peningkatan derajat kesehatan dalam masyarakat. Salah satu aspek terpenting yang terdapat dalam rumah sakit adalah pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan mencakup pelayanan kesehatan yang bersifat personal dan non personal. Pelayanan kesehatan merupakan fungsi yang paling mudah nampak dari semua sistem kesehatan, baik kepada pengguna maupun terhadap masyarakat umum. Oleh karena itu, instansi rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, perlu untuk membangun suatu sistem manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit, sehingga pelayanan yang diberikan dapat berjalan dengan sangat efisien dan memiliki mutu yang dapat diandalkan, yang mampu memberikan pelayanan prima atau sering disebut Service Excellence.
LAPORAN KEGIATAN PELATIHAN SEMINAR NASIONAL DAN LOKAKARYA PERHIMPUNAN MANAJER PELAYANAN KESEHATAN INDONESIA