Ruang Perpustakaan Anak merupakan fasilitas umum yang dibangun bagi anak-anak penduduk Untung Jawa yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan literatur yang menunjang pendidikan anak-anak. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan argumentasi yang menyatakan penyebab sebuah pekerjaan desain interior di Pulau Untung Jawa dilaksanakan. Dari pengamatan langsung banyak memiliki permasalahan, namun peneliti memutuskan untuk mengkaji ruang dalam/teta letak dari ruangan. Permasalahannya adalah tata letak atau desain layout ruang dalam yang tidak baik dalam rangka memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Khalayak sasaran dari penelitian ini adalah untuk masyarakat tidak produktif secara ekonomi seperti SMP, SD dan PAUD serta kelompok anak dan remaja yang ada di lokasi Pulau Untung Jawa. Peneliti melakukan pendekatan metodologi penelitian fenomenologis dengan studi kelayakan yang dihubungkan dengan permintaan pengguna untuk melakukan penelitian di lokasi yang menjadi obyek penelitian. Penelitian bertujuan untuk memberikan masukan berupa tata letak baru pada ruang perpustakaan anak dan membantu menciptakan ketentraman dan kenyamanan dalam berkehidupan bermasyarakat melalui perbaikan layanan fasilitas dan dapat meningkatkan ketrampilan berpikir serta mambaca sehingga pengetahuan dari sasaran mitra dapat meningkat. Luaran kegiatan ini adalah: satu artikel ilmiah dari dipublikasikan melalui jurnal. Sasaran dari jenis luaran dari mitra non produktif secara ekonomi adalah bahwa pada tahun kegiatan (TS) diharapkan pengetahuan dan layanannya dapat meningkat.
KAJIAN TATA RUANG PERPUSTAKAAN ANAK DI PULAU UNTUNG JAWA