Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk memperkenalkan terapi akupuntur kepada masyarakat, terapi akupuntur dengan tusuk jarum bisa dirasakan secara langsung dengan biaya relative murah. Akupuntur adalah terapi menggunakan jarum yang selama ini banyak manfaat yang belum diketahui oleh masyarakat, seperti penyakit meridian terbalik, stroke ringan atau muka mencong, bengkak, memudahkan melahirkan, dengan sekali terapi langsung dirasakan oleh pasien. Namun karena kurangnya informasi kepada masyarakat maka terapi akupuntur belum banyak dikenal secara luas di Indonesia. Terapi akupuntur selain untuk kesehatan juga digunakan untuk mempercantik diri seperti menurunkan berat badan, mengencangkan payudara, mengencangkan wajah dll. Terapi akupuntur adalah menggunakan jarum, Tusuk jarum bagi sebagian masyarakat adalah sangat tidak memberi kenyamanan. Informasi terapi akupuntur tersebut perlu diketahui oleh masyarakat agar masyarakat memiliki alternative pilihan untuk menjaga kesehatannya. Tujuan penelitian yang kedua adalah untuk. menguji advertising Response Dual Proses Model. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa responden setuju bahwa tata letak isi pesan tepat pada sisi kanan dan gambar iklan tepat di sisi kiri, temuan ini menguatkan temuan Janiszewski, (1990a). Hasil studi dengan menggunakan sampel sebesar 147 terdiri atas 72 wanita dan 75 orang pria dengan karakteristik responden atas 99 mahasiswa dan 48 karyawan. Umur antara 17-65 tahun. Dalam menguji pengaruh menunjukkan tujuh hipotesis diditerima, dan tiga hipotesis tidak signifikan adalah atensi sentral dan peripheral terhadap sikap merek dan sikap merek terhadap niat terapi akupuntur. Atensi dihubungkan dengan niat sesudah mengetahui terapi akupuntur sebagian besar responden berkecenderungan berniat terapi akupuntur dipengaruhi sikap iklan. Temuan ini menguatkan temuan Ruswanti (2008). Sehingga terapi akupuntur dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas, dan berkemungkinan akan memberikan alternative pengobatan.

ATENSI SENTRAL DAN PERIPERAL IKLAN DUA SISI TERHADAP NIAT PEMBELIAN JASA AKUPUNTUR KLINIK SUMBERWARAS DI JAKARTA