Kepuasan pasien adalah bagian dari indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Pasien merasa puas jika pelayanan yang didapatkan melebihi harapannya. Upaya untuk mencapai kepuasan pasien dengan menganalisa pelayanan perawat untuk perbaikan Klinik Pratama Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan k uantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan perawat melalui kesesuaian harapan pasien dan kinerja perawat sehingga dapat diketahui unsur yang dipertahankan dan segera diperbaiki. Metode yang digunakan dalam analisis adalah metode IPA (Importance Perfomance Analysis). Populasi penelitian adalah rata-rata kunjungan pasien 3 bulan terakhir dengan total sampling sebanyak 30 orang. Hasil penelitian yang dianalisis dengan membandingkan harapan dan kinerja menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan perawat pada dimensi tangibles 97.69%, reliability 96,60%, emphaty 96.43%, responsiveness 95.86%, dan assurance 97,93% dengan rata-rata tingkat kesesuaian 96,90% artinya tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan perawat sangat sesuai harapan. Saran penelitian diharapkan perawat dapat segera memperbaiki empat permasalah pada prioritas utama yaitu perawat dapat tepat waktu, cepat dan tepat dalam melakukan tindakan, perawat siap menyediakan alat kesehatan dan pelayanan yang diberikan tidak membedakan status/pangkat
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWAT