Studi ini bertujuan untuk mengetahui positioning sabun mandi Lifebuoy yang ditinjau dari bauran pemasaran ( product, price, place, dan promotion ). Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Ciledug, Kota Tangerang yang pernah atau sedang menggunakan sabun mandi Lifebuoy. Dalam hal ini jumlah populasi tidak diketahui, Karena jumlah populasi tidak diketahui maka menggunakan Quota Sampling serta Sampling Purposive dengan kriteria tertentu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Multidimension Scaling (MDS). Hasil penelitian dari positioning sabun mandi Lifebuoy adalah berdasarkan product, sabun mandi Dettol, Medicare dan Nuvo tidak mempunyai kemiripan dengan sabun mandi Lifebuoy yaitu variasi wangi, kemasan, keawetan sabun; berdasarkan price, sabun mandi Dettol, Medicare, dan Nuvo tidak mempunyai kemiripan dalam harga sabun mandi Lifebuoy yang relatif terjangkau dan seluruh lapisan masyarakat dapat membeli dan menggunakannya; berdasarkan place sabun mandi Medicare mempunyai kemiripan dalam saluran distribusi dimana tersedianya produk di banyak tempat yang hampir sama dengan sabun mandi Lifebuoy dan berdasarkan promotion sabun mandi Medicare mempunyai kemiripan dalam promosi dalam iklan yang menarik/bagus yang hampir sama dengan sabun mandi Lifebuoy. Dalam hal ini mereka bersaing dalam 4P (product, price, place and promotion).
ANALISIS POSITIONING SABUN MANDI LIFEBUOY DITINJAU DARI BAURAN PEMASARAN