Pelayanan yang diberikan oleh staf rumah sakit kepada pasien sangat mempengaruhi kepuasan pasien. Penyebab terjadinya ketidakpuasan pasien dapat disebabkan beberapa faktor, diantaranya faktor kualitas pelayanan yaitu, Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy dan Responsiveness,. Selain itu ada 2 faktor lain yang diteliti oleh peneliti yaitu faktor Accesbility dan Communication. Permasalahan yang ada di RS. MTSJ adanya kinerja yang menurun dari staf farmasi, sehingga ada komplain dari pasien rawat jalan terhadap unit pelayanan farmasi di RS. MTSJ. Dengan adanya masalah diatas, peneliti ingin menganalisis mutu dan kualitas pelayanan staf farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS. MTSJ, juga menganalisis pengaruh dari Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, Responsiveness, Accesbility dan Communication staf farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS. MTSJ. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh (sebab-akibat) dari dua atau lebih fenomena (Sugiyono, 2012), dan analisa korelasi dan regresi. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer kuesioner dengan 5 skala likert, dibagikan kepada 49 responden. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh dari Kehandalan (reabilitas), Jaminan (Assurance), Bentuk Fisik (Tangible), Empati (Emphaty), Daya Tanggap (Responsbility), Kemudahan Akses instalasi farmasi dan Komunikasi dari staf farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS MTSJ

ANALISIS MUTU DAN KUALITAS PELAYANAN STAF FARMASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS MTSJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *