Salah satu permasalahan yang sering dijumpai di dalam penyelenggaraan pelayanan rawat inap di rumah sakit adalah menurunnya kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang didapatkannya di unit pelayanan rawat inap, hal ini biasanya disebabkan oleh baik atau buruknya kualitas pelayanan yang diberikan oleh perawat kepada pasien di rumah sakit yang secara tidak langsung dapat mengganggu tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi dan kinerja perawat terhadap kepuasan pasien di bagian rawat inap RS Seto Hasbadi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan studi crosssectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 68 orang pasien rawat inap di RS Seto Hasbadi. Variabel kompetensi dan kinerja sebagai variabel independent, kepuasan pasien sebagai variabel dependent. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert 1-4. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu Kompetensi kerja dan kinerja perawat secara serempak berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Kompetensi kerja perawat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Dan kinerja perawat berpengaruh terhadap kepuasan pasien di bagian rawat inap RS Seto Hasbadi. Temuan penelitian pada variabel kompetensi kerja didapatkan bahwa perawat di RS Seto Hasbadi dapat memahami masalah yang pasien hadapi, variabel kinerja didapatkan bahwa perawat selalu berada ditempatnya, dan variabel kepuasan pasien didapatkan pada kejelasan rincian keuangan sebelum masuk ruang perawatan. Implikasi pada penelitian ini adalah salah satu factor yang menyebabkan kepuasan pasien sedang adalah kompetensi kerja perawatnya seperti attitude dan knowledge. Perlu adanya penilaian dan pengevaluasian untuk kompetensi dan kinerja perawat terhadap kepuasan pasien di RS Seto Hasbadi. Sehingga dari waktu ke waktu menjadi satu acuan yang dapat lebih mengarahkan para pegawai tersebut dalam meningkatkan kepuasan pasien.

ANALISIS KOMPETENSI DAN KINERJA PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI BAGIAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT SETO HASBADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *