Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menentukan keputusan konsumen berbelanja di Minimarket Alfamart Kebon Raya Jakarta Barat dan faktor apakah yang dominan menentukan keputusan konsumen berbelanja di Minimarket Alfamart Kebon Raya Jakarta Barat dengan menggunakan analisis uji cochran dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitiannya yang didapatkan melalui observasi langsung di objek penelitian pada bulan Juli 2012. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu suatu teknik yang digunakan atas dasar pertimbangan tertentu. Hasil penelitian uji Cochran menunjukkan hasil secara keseluruhan dengan df = 6, Qhitung = 9,220 dan χ 2 tabel = 12,592, oleh karena Qhitung < 2 tabel χ , maka H 0 diterima dan Ha ditolak, artinya bahwa semua indikator didalam penelitian sudah menentukan keputusan konsumen berbelanja di Minimarket Alfamart Kebon Raya Jakarta Barat. Faktor-faktor yang didapat dari proses pengolahan meliputi kelengkapan barang, kualitas barang, harga yang terjangkau, letak yang strategis, display barang, display POP dan keramahan pelayanan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator yang dominan atau yang memiliki jumlah Ya terbanyak dengan jumlah sebanyak 100 responden adalah indikator harga terjangkau sebagai faktor yang dominan menentukan keputusan konsumen berbelanja di Minimarket Alfamart Kebon Raya Jakarta Barat.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET ALFAMART KEBON RAYA JAKARTA BARAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *