Tidak teridentifikasikan modal intelektual di Perguruan Tinggi akan berdampak pada rendahnya kemampuan bersaing di era MEA dan Global adalah merupakan keharusan. Sehingga kemampuan Perguruan Tinggi dalam memprediksi intellectual capital (IC) merupakan nilai tambah dambaan model intellectual capital yang akan dijalankan. Penelitian ini bertujuan mengelola nilai intellectual capital terhadap Kinerja dosen dengan melihat hubungan dan pengaruh dimasing-masing sub variabel intellectual capital. Adapun beberapa variabel yang diolah antara lain, seperti : human capital, struktural capital, relasi capital, social capital, customer capital, yang dijalankan pada program studi Perguruan Tinggi. Hasil t dari masing-masing human capital = 0.786, social capital = -0.677, relationship capital = -1.921, customer capital = 0.606 dan sosial capital = 1.905, pada t tabel = 1.7612. Ini membuktikan bahwa Ho semua diterima kecuali pada social capital. Sedangkan nilai VIF dari masing-masing adalah human capital = 6.678, social capital = -16.014, relationship capital = 9.322, customer capital = 14.027 dan sosial capital = 7.265, yang nilainya lebih dari 0.05, ini mengindikasikan bahwa seluruh variabel IC memberi pengaruh terhadap kinerja dosen. Dengan melakukan pengembangan kinerja pada Universitas Esa Unggul disinyalir perlu mengembangkan Intellectual Capital dengan sub variabelnya dalam meningkatkan kinerja Universitas secara keseluruhan dan kiranya diharapkan model tersebut dapat dicoba untuk membuat Model IC pada perguruan tinggi atau wilayah yang lebih luas.

PENGUKURAN KINERJA INTELEKTUAL KAPITAL PADA DOSEN TETAP DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA