Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rasio-rasio keuangan yang dapat menjadi faktor penentu kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015 sampai 2017. Purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan perolehan sebanyak 118 perusahaan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji diskriminan dengan metode Stepwise Mahalanobis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA, NPM, Firm Size, dan Current Ratio dapat membedakan dengan signifikan antara perusahaan yang membagikan dividen dengan perusahaan yang tidak membagikan dividen. Semakin tinggi keempat rasio keuangan tersebut, semakin besar kemungkinan suatu perusahaan membagikan dividennya. Hasil klasifikasi juga menunjukan bahwa 41 perusahaan cenderung membagikan dividen, 55 perusahaan cenderung tidak membagikan dividen, 22 lainnya tidak ditentukan kecenderungannya.
ANALISIS FAKTOR PENENTU KEBIJAKAN DIVIDEN