Masalah penelitian adalah belum banyak mahasiswa lulusan perguruan tinggi yang memiliki jiwa kewirausahaan, kondisi tersebut didukung oleh kenyataan bahwa sebagian besar lulusan Universitas lebih mengutamakan sebagai pencari kerja dari pada menciptakan lapangan kerja. Tujuan pertama, mengevaluasi materi pembelajaran kewirausahaan. Kedua menyempurnakan model pembelajaran kewirausahaan Universitas sebagai dasar keterampilan mahasiswa untuk mandiri menjadi wirausaha. Sebenarnya belum terdapat model pembelajaran kewirausahaan universal untuk mengajar kewirausahaan. Pilihan teknik dan modalitas terutama tergantung pada tujuan, isi dan kendala pengajaran di institusional. Kebanyakan program pendidikan kewirausahaan menyajikan tujuan yang belum sempurna, mata kuliah tidak dilengkapi dengan praktek. Melalui identifikasi berbagai tujuan model pendidikan kewirausahaan, mungkin memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan pendidikan serta pilihan yang lebih inovatif mengenai kriteria evaluasi dan teknik pengajaran. Metode untuk pelaksanaan menggunakn eksperimen sebelum dan sesudah diberi pelatihan dan sebelum diberi pelatihan home industri. Target khusus yang ingin dicapai adalah setelah mahasiswa mendapatkan pelajaran teori-teori tentang kewirausahaan dengan dilengkapi keterampilan industri, mahasiswa bisa mandiri berwirausaha. Rencana kegiatan tahun pertama adalah mengevaluasi pembelajaran kewirausahaan yang selama ini 90% konseptual perlu dilengkapi dengan praktek home industry, memiliki kreativitas dan ide-ide inovasi dan berani untuk mendirikan usaha secara mandiri.
MODEL PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP INOVATIF DI PERGURUAN TINGGI