Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas, Ukuran Pertumbuhan terhadap Struktur Modal yang kemudian berdampak terhadap Nilai Perusahaan. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan subsector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Desain Penelitian yang digunakan adalah analisis kausalitas dengan mengumpulkan data sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Idn financial dan web resmi perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 19 perusahaan terpilih. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap struktur modal, sementara profitabilitas dan ukuran perushaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sementara profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa struktur modal sebagai variabel intervening ternyata tidak bisa memediasi profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi tentang pembuktian empiris tentang pecking order theory, sumber dana yang menjadi pilihan utama adalah sumber dana internal, dan ketika sumber dana internal tersebut tidak cukup, maka sumber dana pilihan berikutnya adalah hutang. Disamping itu penelitian ini juga memberikan bukti empiris atas signaling theory, yaitu perusahaan yang memiliki pendanaan hutang yang besar dalam struktur modalnya menunjukkan kepercayaan kreditor atas kemampuan bayar perusahaan dan peningkatan nilai perusahaan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL DAN BERDAMPAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN