Refleksi kualitas SDM perguruan tinggi menjadi topik yang banyak dibicarakan dalam berbagai acara dan seminar. Berikut adalah beberapa poin penting dari hasil pencarian:

- IDCP (International Development of Character and Personality) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi, pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan penekanan pada ranah kognitif dan afektif[1][2][3].
- Pengembangan IDCP didasarkan pada kekhawatiran bahwa perguruan tinggi cenderung terlalu fokus pada domain kognitif dan mengabaikan domain afektif, sehingga menghasilkan lulusan yang kurang memiliki karakter, soft skill, dan sikap[1].
- Perguruan tinggi berperan dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi lulusannya, seperti kurangnya kesiapan bersaing dalam masyarakat ekonomi ASEAN, keterampilan yang tidak memadai, dan pengetahuan atau keterampilan yang tidak memadai karena perilaku, nilai-nilai spiritual, dan sikap[1].
- Peran perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat penting dalam memberikan kontribusi bagi pengembangan tenaga kerja yang tangguh, andal, dan berakhlak[4].
- Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kinerja, dan layanan, perguruan tinggi perlu fokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia, termasuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan[5].
- Pengembangan sumber daya manusia di perguruan tinggi harus mengutamakan pengembangan karakter, soft skill, dan sikap, selain pengetahuan dan keterampilan
Refleksi kualitas SDM perguruan tinggi