Pendekatan kuantitatif adalah sebuah metode penelitian yang menggunakan banyak angka, mulai dari proses pengumpulan data hingga penafsirannya.

Penelitian kuantitatif biasanya banyak digunakan dalam psikologi, ekonomi, demografi, sosiologi, pemasaran, kesehatan, masyarakat dan pengembangan manusia serta lainnya. Berikut adalah beberapa ciri dan jenis dari metode penelitian kuantitatif:
– Bersifat objektif
– Data yang disajikan bersifat sebenarnya, tidak ditambahkan atau dikurangi dengan opini pribadi peneliti
– Relatif singkat
– Menggunakan data dalam jumlah yang banyak
– Populasi responden penelitian kuantitatif sangat luas
– Jenis-jenis penelitian kuantitatif antara lain: survei, eksperimen, studi kasus, penelitian korelasional, dan penelitian deskriptif
– Teknik pengumpulan data pada penelitian kuantitatif antara lain: wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi[2].

Pendekatan kuantitatif berbeda dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian. Pendekatan kuantitatif lebih berhubungan dengan pengumpulan data, sementara pendekatan kualitatif lebih berhubungan dengan pemahaman dan penafsiran subyek akan fenomena yang diteliti[3].

 

Pendekatan kuantitatif