Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seorang pasien yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Kepuasan pasien disini dihubungkan dengan ada atau tidaknya pengaruhnya terhadap kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh antara kompetensi SDM terhadap kualitas pelayanan, pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan pengaruh antara kompetensi SDM terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan di klinik hemodialisa Muslimat NU Cipta Husada dengan unit analisis semua pasien rutin dengan memberikan kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan one short study. Dengan pendekatan causalitas. Analisa data menggunakan Teknik SEM. Hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh positif antara kompetensi SDM terhadap kualitas pelayanan (H1) serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (H2). Namun tidak didapatkan pengaruh positif kompetensi SDM terhadap kepuasan pasien (H3). Maksudnya, pada pasien di klinik HD Muslimat NU Cipta Husada, mereka lebih merasakan langsung kepuasannya melalui kualitas pelayanan. Sehingga kompetensi SDM bagi pasien-pasien di klinik tersebut bukan merupakan hal yang penting untuk mempengaruhi kepuasan. Adapun keterbatasan dari penelitian ini adalah pada jawaban di kuesioner terkadang jawaban yang diberikan responden tidak menunjukan keadaan sesungguhnya serta jumlah indikator yang belum semuanya diteliti karena adanya keterbatasan waktu. Implikasi manajerial penelitian ini, agar klinik membuat kembali investasi mesin HD serta melakukan pelatihan berkala untuk perawat, karena kepuasan dirasakan pasien setelah mereka menerima jasa yang sesuai harapan.

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK HEMODIALISA MUSLIMAT NU CIPTA HUSADA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *