Loyalitas pasien memiliki peranan penting dalam berlangsungnya operasional suatu Rumah Sakit. Loyalitas pasien dirumuskan guna mencapai angka kunjungan kembali yang berdampak terhadap profitabilitas dan kestabilan Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh citra Rumah Sakit terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasen, citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien, kualitas pasien terhadap loyalitas pasien, kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien, citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepuasan pasien, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepuasan pasien rawat jalan RS.AN-NISA Tangerang. Kuesioner citra Rumah Sakit, kualitas pelayanan, kepuasan pasien, loyalitas pasien dibagikan kepada 253 responden yang merupakan pasien umum. Jawaban responden diolah dengann metode analisis Structural Equation Model (SEM). Hasilnya didapat bahwa citra Rumah Sakit, kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, dan citra Rumah Sakit, kualitas pelayanan tidak ada pengaruh terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepuasan pasien.
FAKTOR PENENTU LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT