Latar Belakang: Konsumsi makanan merupakan masalah utama bagi sebagian besar penduduk, termasuk anak-anak. Anak usia dini merupakan salah satu kelompok yang rawan mengalami masalah gizi diantara penyebabnya ialah tingkat ekonomi yang rendah dan asupan makanan yang tidak seimbang, serta rendahnya pengetahuan. Untuk mengoptimalkan penyampaian pesan gizi seimbang kepada masyarakat, diperlukan KIE yang tepat dan berbasis masyarakat Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan pengetahuan mengenai gizi yaitu melalui media napkin. Tujuan: Mengetahui adanya pengaruh edukasi melalui media napkin gizi terhadap pengetahuan dan sikap ibu pada anak usia dini di sekolah TK Tangerang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental dengan pre-test dan post-test pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Serta menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test control group. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 86 sampel yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu, 43 kelompok perlakuan dan 43 kelompok kontrol. Hasil: Secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada skor median (minimum-maksimum) pengetahuan dan sikap mengenai gizi seimbang sebelum dan sesudah dilakukan intervensi (p<0.05) yang berarti terdapat peningkatan nilai median (minimum-maksimum) pengetahuan dan sikap mengenai gizi seimbang. Kesimpulan: Media Napkin Gizi Series efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu karena dengan adanya media tersebut ibu dapat mengingat informasi yang diberikan. Serta media dapat digunakan sehari-hari dekat dengan para ibu-ibu tersebut.
PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA NAPKIN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU MENGENAI GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH TK TANGERANG