Niat pembelian merupakan salah satu bagian dari proses pengambilan keputusan. Niat pasien dalam memilih pelayanan persalinan di rumah sakit dapat disebabkan berbagai faktor seperti stimuli pemasaran, stimuli lainnya, serta karakteristik pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan niat pasien poliklinik kebidanan untuk memilih pelayanan persalinan di Rumah Sakit Anna Bekasi. Metode penelitian menggunakan desain studi Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien Antenatal Care dengan usia kandungan mulai dari 34 minggu, yaitu sebanyak 57 sampel. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa mayoritas pasien berusia ≥ 30 tahun (54,4%), berlatar belakang pendidikan tinggi (56,1%), bekerja sebagai ibu rumah tangga (54,4%) dengan penghasilan rata-rata keluarga > Rp. 5.000.000 (57,9%). Hasil uji bivariat menunjukan terdapat hubungan antara peran kelompok acuan, produk, lokasi, dan penanggung biaya dengan niat pasien poliklinik kebidanan untuk memilih pelayanan persalinan di Rumah Sakit Anna Bekasi. Rumah Sakit Anna dapat menetapkan strategi pemasaran dengan berfokus pada faktor yang berhubungan dengan niat pemilihan pelayanan yaitu peran kelompok, produk, lokasi dan penanggung biaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan juga jumlah pasien bersalin.

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT PASIEN POLIKLINIK KEBIDANAN UNTUK MEMILIH PELAYANAN PERSALINAN DI RUMAH SAKIT ANNA BEKASI TAHUN 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *