Latar Belakang: Kurangnya informasi tentang gizi seimbang dapat menyebabkan terjadinya masalah gizi seperti kurus, pendek dan obesitas. Upaya peningkatan kesehatan salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan gizi seimbang dengan memberikan pendidikan gizi. Upaya yang dapat dilakukan dalam memberikan pendidikan gizi seimbang adalah dengan menggunakan media lift the flaps book sebagai media pembelajaran yang menarik. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian media lift the flaps book terhadap perubahan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa kelas V di SD Negeri Pulo Pagi Jakarta Selatan. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah quasi experimental. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Pulo Pagi Jakarta Selatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 61 orang. Analisis menggunakan uji statistik Anova dan Independent t-test. Hasil Penelitian: Data menunjukkan sebagian besar sampel (51,6%) berusia 10 tahun pada kelompok perlakuan dan 70% berusia 11 tahun pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada kelompok perlakuan (p < 0,05). Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan pengetahuan dan sikap antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p < 0,05). Kesimpulan: Pemberian media lift the flaps book berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa SDN Pulo Pagi Jakarta Selatan.
PENGARUH PEMBERIAN MEDIA LIFT THE FLAPS BOOK TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS V DI SDN PULO PAGI JAKARTA SELATAN