Tujuan: untuk mengetahui perbedaan kids yoga exercise dan vestibular stimulation exercise tehadap peningkatan keseimbangan anak down syndrome. Metode: penelitian ini bersifat quasi exsperimental dengan pre test-post test experimental group, dimana peningkatan keseimbangan diukur menggunakan Sixteen Balance Test (SBT). Sampel terdiri dari 12 orang di Yayasan Tri Asih yang dikelompokan menjadi 2 kelompok. Kelompok I terdiri dari 6 orang dengan intervensi kids yoga exercise dan kelompok II terdiri dari 6 orang sampel dengan intervensi vestibular stimulation exercise. Hasil: uji normalitas dengan Shapiro Wilk test didapatkan data berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas dengan Levene�s test didapatkan data memiliki varian homogen. Hasil uji hipotesis pada kelompok perlakuan I dengan paired sample t-test, didapatkan nilai pada TUGT p < 0,001 yang berarti intervensi kids yoga exercise dapat meningkatkan keseimbangan anak down syndrome. Pada kelompok perlakuan II dengan paired sample t-test, didapatkan nilai pada SBT p < 0,001 yang berarti intervensi vestibular stimulation exercise dapat meningkatkan keseimbangan anak down syndrome. Pada hasil t-test independent menunjukan nilai p=0,457 pada SBT yang berarti tidak ada perbedaan antara kids yoga exercise dan vestibular stimulation exercise terhadap peningkatkan keseimbangan anak down syndrome. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan yang signifikan antara intervensi kids yoga exercise dan vestibular stimulation exercise terhadap peningkatan keseimbangan anak down syndrome.

PERBEDAAN KIDS YOGA EXERCISE DAN VESTIBULAR STIMULATION EXERCISE DALAM MENINGKATKAN KESEIMBANGAN ANAK DOWN SYNDROME

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *