Penelitian ini mengulas mengenai kesuksesan film komedi Maju Kena Mundur Kena yang kesuksesannya dilihat berdasarkan tiga sudut pandang yakni; dari segi industri film, dari segi sineas, serta dari segi penonton. Selain itu unsur kesuksesannya diambil berdasarkan jurnal Hennig-Thurau, Houston dan Walsh yang mengatakan sebuah film dapat sukses setidaknya menyangkut tiga hal yakni pentingnya sebuah; movie characteristic, postfilming study action, dan external factor. Dengan menggunakan metode studi kasus peneliti ingin mengetahui mengenai mengapa dan bagaimana film komedi Maju Kena Mundur Kena dapat sukses di Indonesia. Setelah mengamati melalui wawancara dengan narasumber film Maju Kena Mundur Kena dapat sukses dikarenakan beberapa hal, diantaranya Warkop sebagai bintang utama dari film Maju Kena Mundur Kena memiliki banyak penggemar, waktu perilisan film sangat strategis yakni sebelum lebaran, tidak banyaknya artis komedi yang bersaing dengan Warkop pada saat itu. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terutama bagi sineas masa kini, untuk melakukan inovasi khususnya lawakan yang berbobot.

KESUKSESAN FILM MAJU KENA MUNDUR KENA (SEBUAH STUDI KASUS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *