Penelitian bertujuan untuk menilai efektifitas penerapan metode SCL dengan model Small Group Discussion. Implementasi SCL pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan 1, Teori Akuntansi dan Analisa Laporan Keuangan dilaksanakan pada Program Studi Akuntansi Universitas Mercu Buana Jakarta, mata kuliah Teori Akuntansi dilaksanakan pada Program Studi Akuntansi Universitas Riau, mata kuliah GCG pada Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Jakarta, mata kuliah Seminar Akuntansi pada Program Stusi Akuntansi Universitas Esa Unggul Jakarta. Pelaksanaan metode SCL dengan alokasi waktu antara Pre test sebelum kuliah berlangsung, pemberian materi oleh dosen melalui metode ceramah, pemberian contoh implementasi materi di dunia kerja, presentasi mahasiswa dan diskusi serta diakhiri dengan post test. Peneliti juga melakukan konfirmasi kepada mahasiswa dan dosen terkait pelaksanaan SCL. Berdasarkan hasil pre test dan post test yang diolah untuk melihat apakah ada perbedaan antara hasil test sebelum tindakan dengan setelah tindakan, diperoleh hasil bahwa metode ajar SCL dengan SGD terbukti efektif dan menunjukkan hasil Asym.Sig (2tailed) Pre Test dan Post Test bernilai lebih kecil dari 5% artinya ada perbedaan antara hasil belajar untuk PreTest dan post Test. Disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap nilai hasil belajar
berita] EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI METODE AJAR SCL MODEL SMALL GROUP DISCUSSIO